OBAT KEBODOHAN ADALAH BERTANYA


Penyakit ini meliputi berbahagia penyakit hati, jiwa, dan penyakit badan serta berbagai macam obat penyembuhan. Rasululah saw. Mengategorikan kebodohan sebagai suatu penyakit, sedangkan obatnya adalah bertanya kepada ulama.
Imam Abu Dawud dalam kitabnya, sunan Abu Dawud, menyebutkan sebuah hadits yang berasal dari Jabir bin Abdillah, ia berkata
“ Kami pernah melakukan suatu perjalanan kemudian salah satu di antara kami ada yg terkena batu hingga melukai bagian kepalanya. Ketika tidur ia bermimpi (bersetubuh), lalu setelah terbangun ia bertanya kepada teman-temanya, ‘menurut pendapatmu apakah saya diberikan keringanan untuk melakukan tayamum? ‘ teman-temanya menjawab,’menurut kami anda tidak mendapatkan keringanan,sebab anda masih mampu untuk menggunakan air.” Kemudian orang tersebut mandi dan tiba-tiba meninggal dunia. Pada saat kami menghadap nabi saw. Untuk mengabarkan kejadian tersebut, nabi bersabda,’mereka telah membunuhnya, celakalah mereka! Hendaknya mereka bertanya jika tidak tahu, karena obat kebodohan adalah bertanya. Sebetulnya cukup saja ia bertayamum dan mengompres lukanya atau membalutnya dengan mengunakan secarik kain kemudian membasuh kebagian atasnya, setelah itu baru membasuh seluruh tubuhnya’.”
            Kemudian dikabarkan bahwa kebodohan adalah suatu jenis penyakit dan penawarnya adalah bertanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
phoenix indonesia band © 2012 | Designed by Meingames and Bubble shooter