Agar Pendengaran Tak Cepat Terganggu

Ketika usia bertambah, pendengaran akan berkurang secara alamiah. Tetapi, tidak semua orang sama. Misalnya, ada yang berusia 50 tahun, tapi masih bisa mendengar dengan jelas. Ada pula orang yang berusia sama, namun pendengarannya sudah agak terganggu. Itu bisa terjadi akibat kebiasaan masing-masing.
Menumt dr Siswantoro SpTHT, berkurang-nya pendengaran disebabkan banyak faktor. Kalau dari usia, pendengaran berkurang karena fungsi organ telinga mulai menurun. “Misalnya gendang telinga mulai kaku,” kata dokter spesialis telinga, hidung, dan tenggorokan tersebut.
Selain itu, ada faktor lingkungan. Pendengaran orang yang sering terpapar kebisingan mungkin lebih cepat berkurang. “Paparan kebisingan itu bermacam-macam. Mungkin dia bekerja di pabrik yang mesinnya mengeluarkan suara keras secara terus-menerus”,jelas dokter RS Husada Utama itu.
Sumber kebisingan bukan hanya pabrik. Bisa juga suara lalu lintas yang padat atau suara musik yang keras. Apalagi jika mendengarkan musik dengan volume tinggi melalui earphone. “Sebab, suaranya lang-sung masuk ke telinga,” tegasnya.
Meski hanya sebentar, jika berlangsung terus-menerus, hal itu akan berpengaruhjuga.
Ada pula faktor tidak langsung. Yakni, konsumsi obat-obatan yang bisa mengganggu pendengaran. Biasanya obat jenis deuretika (peluruh kencing) seperti furosemid atau antibiotik seperti gentamisin dan lainnya. Jika dikonsumsi secara terus-menerus dalam waktu lama, obat itu menimbulkan efek tersebut.
“Secara alamiah, hal itu akan terjadi juga. Tapi,  setidaknya bisa ditunda,” kata Siswantoro.
Caranya, tentu menghindari sering berada di tempat yang bising atau mendengarkan musik terlalu keras. Jangan lupa, hindari makanan yang mengandung kolesterol karena berpengaruh pada pembuluh darah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
phoenix indonesia band © 2012 | Designed by Meingames and Bubble shooter