Air Garam Hilangkan Pahit

Pada sajian siomay, biasanya dijumpai pare kukus. Namun, karena berasa pahit, beberapa orang tidak menyukai sayuran tersebut.
“Salah satu manfaat pare adalah mengobati diabetes mellitus. Sebab, pare mengendalikan kadar gula darah,” ujar Unjiati SKM, ahli gizi RSU Haji Surabaya. Pare memiliki tiga zat yang bisa me­ngendalikan kadar gula darah. “Yakni, charantin, polypeptide, dan glycoside,”. Manfaat lainnya, menghambat aktivitas HIV, meningkatkan nafsu makan, memperlancar pencemaan, dan bisa sebagai obat malaria.
Kandungannya dalam 100 gram, vitamin C 52 mg, kalsium 45 mg, best 1,4 mg, fosfor 64 mg, dan vitamin Bl 0,09 mg. Plus betakaroten yang termasuk jenis antioksidan.
Jika tidak menyukai rasa pahitnya, ada cara untuk mengurangi rasa pahitnya. Yakni, mencucinya dengan air garam. “Konsekuensinya, ada bebe­rapa kandungan pare yang berkurang,”.
Cara pengolahannya bisa dengan beberapa cara. Misalnya, ditumis, dikukus, dibotok, ataupun dipepes. “Jika ingin menyajikan pare bagi penderita diabetes, sebaiknya dikukus atau ditumis”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
phoenix indonesia band © 2012 | Designed by Meingames and Bubble shooter