Cara Membangun Kecerdasan Bayi

Setiap orang tua pasti ingin anaknya menjadi cerdas, begitu pula Anda bukan? Tak susah kok untuk mewujudkannya. Anda bisa memaksimalkan potensi kecerdasan si kecil sejak bayi. Anda tak perlu membeli alat belajar yang mahal untuk menstimulasi kecerdasan mereka. Karena, alat yang terbaik ada pada diri Anda. Berikut cara-cara mudah, tepat, dan menyenangkan untuk membantu bayi anda tumbuh cerdas:
a. Pentingnya ASI
Penelitian menunjukkan anak yang diberi ASI memiliki IQ lebih tinggi daripada yang diberi susu formula. Karena itu, usahakan untuk menyusui bayi Anda selama mungkin. Kegiatan ini juga bisa membangun kedekatan anda dengannya. Lakukanlah aktivitas ini sambil mengajaknya berbicara, bernyanyi, atau menciuminya.
b. Kontak Mata Sesering Mungkin
Saat mata bayi anda terbuka, usahakan untuk terus menatap matanya karena ia sudah mulai dapat mengenali wajah sejak dini. Dan mengenali wajah orang tua adalah yang terpenting.
c. Bermain dengan Cermin
Biarkan si kecil menatap dirinya di dalam cermin. Saat pertama kali melakukannya, ia mungkin berpikir kalau yang ia lihat adalah bayi lain. Lama-kelamaan, dia akan mencoba membuat anak kecil itu tersenyum, melambaikan tangan, menyentuh, dan lain sebagainya.
d. Mari Bernyanyi
Beberapa riset menunjukkan bahwa mempelajari irama musik memiliki hubungan signifikan dengan kemampuan belajar Matematika. Karena itu, mulailah menyanyikan atau memainkan sebanyak musik dan lagu untuknya. Cobalah kreatif dalam memanfaatkan setiap kesempatan, misalnya saat memandikan atau mengganti popoknya.
e. Membacakan Buku
Kegiatan ini sangat penting bagi mereka. Bacakan berbagai kata secara berulang-ulang pada mereka, karena mereka akan belajar untuk mengenalinya. Tentu ini sangat baik untuk membantunya mempelajari bahasa.
f. Bermain Petak Umpet
Permainan ini tak hanya dapat membuat mereka tertawa senang. Pada saat yang bersamaan dia bisa belajar bahwa sesuatu bisa menghilang dan kembali lagi.
g. Satu, Dua, Tiga?
Cobalah untuk menghitung apa saja yang Anda dan si kecil lihat, seperti mainannya, anak tangga rumah, makan kecil yang dimakannya, buku-buku di almari, atau bunga di halaman. Jika Anda melakukannya, berarti Anda sedang mengajarinya mengenal konsep Matematika sederhana.
h. Jalan-Jalan Yuk!
Ajak si kecil menikmati dunia luar, misalnya berbelanja. Suara, warna-warni yang dia lihat, pemandangan, serta orang-orang yang dilihatnya menyediakan hiburan, pengetahuan, dan pengalaman berbeda bagi-nya.
Smoga Bermanfaat…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
phoenix indonesia band © 2012 | Designed by Meingames and Bubble shooter