Ibu Melahirkan Normal Lebih Peka Tangisan Bayi

Sebuah penelitian baru menyebutkan bahwa ibu yang melahirkan secara normal akan menjadi lebih sensitif terhadap tangisan bayi mereka beberapa minggu setelah melahirkan. Hal ini bila dibandingkan dengan ibu yang melahirkan secara caesar.
Penemuan tersebut dipublikasikan dalam The Journal of Child Psychology and Psychiatry. Temuan ini memberikan pengertian bagi peneliti mengapa depresi pascamelahirkan lebih sering terlihat pada kelahiran normal dibanding kelahiran caesar.
Para peneliti mendasarkan penemuan mereka pada pemeriksaan Magnetic Resonance Imaging (MRI) yang menunjukkan aktivitas yang meninggi pada bagian otak yang mengatur emosi, motivasi, dan kebiasaan dalam bersikap. Mereka percaya hal ini disebabkan kelahiran normal melepaskan oxytocin, yaitu sebuah mediator sikap keibuan di dalam diri binatang – dari belakang kelenjar lendir, kontraksi kandungan dan simulasi vagino – cervical.
Para peneliti juga mempelajari area otak yang tidak wajar oleh kondisi tersebut dan menemukan kaitan antara aktivitas otak dan ukuran dari suatu perasaan (mood). Dugaan ini karena beberapa daerah otak yang sama juga membantu pemulihan perasaan pascamelahirkan. “Seperti halnya banyak wanita yang menunggu hingga mereka berumur untuk memiliki anak, dan kelompok yang lebih menyukai kelahiran secara caesar, hasil tersebut penting, karena mereka dapat memberikan pengertian yang lebih baik terhadap dasarneuro- psikologi serta psikologi ibu dan bayi,” ujar pemimpin penelitian di Yale University Child Study Centre, James Swain.
Ditambahkan lagi, pekerjaan ini dapat mendeteksi lebih awal apakah suatu keluarga berisiko terkena depresi pascakelahiran dan berbagai masalah serta sebagai objek untuk intervensi tes. Kelahiran caesar, yang terjadi dengan membedah bagian perut dan dinding rahim diperlukan pada saat tersebut untuk melindungi kesehatan dan keselamatan dari calon bayi dan sang ibu. Prosedur penggunanya meningkat secara pesat di AS, dari 4,5 persen dari seluruh kelahiran di tahun 1965 hingga mencapai tingkat tertinggi di tahun 2006 pada 29,1 persen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
phoenix indonesia band © 2012 | Designed by Meingames and Bubble shooter