Makan Sate Afrika….

Tertarik menyantap pisang dipadu dengan domba? Tak ada salahnya melirik Sate Afrika dan mencicipinya. Berlokasi di samping Musium Batik, Jl. K.S Tubun tak menyurutkan niat saya untuk menempuh perjalanan panjang dan macet dari Lebak Bulus.
Untuk diketahui, sedikit eksklusif, warung sederhana tanpa AC ini membutuhkan reservation sebelumnya. Yang harus Anda lakukan sebelum meluncur adalah menelpon si empunya yaitu Bapak Haji Ismail di 0817-855881 / 0856-91000806. Lalu kedua sebutkan nama anda dan beritahukan berapa orang yang akan bersantap. Untuk makanan tentukan bagian tubuh domba mana yang Anda pilih (most preferably pungung). Tanpa adanya reservasi ini, ada kemungkinana anda pulang dengan tangan kosong karena kehabisan daging domba.
Sesampainya disana, saya menemui nama saya terpampang di papan tulis berikut dengan pesanan yang telah dilakukan sebelumnya via telepon. Begitu tiba, saya pun menyebutkan nama saya kepada sang pelayan. Nah, kemudian barulah pelayan berkulit gelap akan mencampur daging domba dengan saos yang terdiri dari mustard, kecap, saos dan bawang putih.
Sate yang ini memang berbeda dari sate lainnya yang kerap tampil dengan tusukan sate. Nah, kalau sate Afrika ini tidak tampil dengan tusukan sate, melainkan hanya dipotong-potong saja. Mengenai side dish pelayan akan bertanya, “nasi atau pisang?”. Nah, inilah keunikan dari sate Afrika ini untuk bersantapnya bukan menggunakan nasi atau lontong, melainkan nasi dan pisang.
Sesaat kemudian datanglah pesanan saya, daging domba yang dipotong-potong dengan topping berupa irisan bawang Bombay, serta pisang yang dipotong kecil-kecil dan digoreng dengan mentega.
Sedikit aneh memang. Tetapi, setelah dipadukan antara saus, domba dan pisang… Sensasi meledak di mulut anda takkan terlupa. Paduan rasa manis yang tidak terlalu sekaligus sepat dari pisang membuat lidah bergoyang. Apalagi manis asam gurih dari saus dan tentunya keempukan dan kegurihan punggung domba yang tak ada tandingannya merupakan paduan yang sangat unik dan sedap!
Sedangkan teman saya lebih memilih memakannya dengan cara konvensional yaitu memasangkannya dengan nasi putih ditaburi bawang goreng. Meskipun begitu, hmm… tentunya tak kalah nikmat.
Walaupun kami sedikit kecewa karena domba yang dihidangkan tidak panas tetapi rasa dan keempukannya telah dengan sukses meredam kekecewaan kami. Namun, alangkah lebih nikmatnya jika sate domba tersebut dihidangkan panas. Bagaimanapun juga Sate Afrika seharga Rp 35.000,00 per porsi ini telah memikat hati dan perut kami.
Sebagai buah tangan untuk keluarga, kamipun memesan untuk dibawa pulang. Sesampainya di rumah, tak seperti makanan dari tempat lain yang rasanya berkurang karena take away, sate domba ini tetap senikmat ketika kami menyantapnya di bawah pohon belimbing di samping museum. Menakjubkan!
Sate Afrika
Jl. K.S Tubun No.6, Tanah Abang
Jakarta
Telp: 0817-855881/0856-91000806

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
phoenix indonesia band © 2012 | Designed by Meingames and Bubble shooter