Periksa Mata Begitu Didiagnosis Diabetes

Kualitas penglihatan biasanya menurun ketika seseorang memasuki usia lanjut. Paling tidak, ada dua penyakit mata yang harus diwaspadai. Yakni, katarak dan retinopati diabetikum. Jika tidak segera diobati, keduanya bisa mengakibatkan kebutaan.
Hal itu terungkap dalam seminar kesehatan bertema Mata Ceria pada Lansia di Surabaya Eye Clinic, Jalan Jemursari. Acara yang diadakan untuk memperingati Hari Lansia Nasional tersebut mendatangkan dua dokter spesialis mata, yakni dr Rozalina SpM dan dr Yulia Primitasari SpM.
Rozalina mengatakan, katarak terjadi ka-rena berkumpulnya kotoran pada lensa di depan saraf mata. Kotoran tersebut lantas memenuhi lensa mata dan membuat pandangan kabur. “Mengatasinya dengan operasi pembersihan kotoran tersebut dan mengganti lensa mata dengan lensa tanam,” kata spesialis mata RSU dr Soetomo itu.
Berbeda dengan katarak, retinopati dia­betikum muncul karena penyakit diabetes. Yuli mengatakan, tingginya kadar gula da­lam darah membuat pembuluh darah di reti­na rusak. Akibatnya, suplai darah ke retina terhambat. “Istilahnya, retina tidak mendapatkan suplai makanan,”.
Lambat laun, retina semakin pucat. Pembuluh darah yang tak bisa mencapai retina terangsang untuk membentuk pembuluh darah baru. “Masalahnya, dinding-dinding pembuluh darah baru ini tidak kuat. Ia akan mudah robek, pecah, dan timbullah pendarahan,” terangnya. “Pendarahan itulah yang membuat mata mengalami kebutaan,”.
Apa gejala retinopati diabetikum? “Gejala paling jelas sih, pandangan kabur,”.
Namun, untuk menghindari kemungkinan buruk, sebaiknya tidak perlu menunggu pandangan kabur. Begitu seseorang mendenta diabetes, sangat mungkin dia juga mendenta penyakit tersebut. “Karena itu, begitu didiagnosis mendenta diabetes, langsung periksakan mata,”.
Menurut Yuli, banyak orang yang tidak memiliki keluhan apa pun, meski pembu­luh darah sudah rusak. Baru ketika makula terserang, pandangan kabur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
phoenix indonesia band © 2012 | Designed by Meingames and Bubble shooter