Doa orang yang lupa


             Ketahuilah, bahwa sesungguhnya allah tidak akan menerima doa yang di ucapkan orang yang lupa kepada allah dan seenaknya sendiri. Doa adalah obat mujarab yang dapat menyembuhkan suatu penyakit, tetapi hati yang lupa kepada allah akan mempengaruhi kemanjuran doa tersebut. Demikian pula makan-makanan yang haram dapat mempengaruhi kemanjuran doa sekaligus melemahkan kekuatannya.
             Seperti disebutkan dalam kitab sahih muslim dari hadis abu hurairah, rasulullah saw. Bersabda:
“ wahai semua manusia! Ketahuilah, bahwa allah itu baik. Ia tidak menerima sesuatu kecuali hanya yang baik saja, dan sesungguhnya allah telah memerintahkan kepada semua mukmin apa saja yang telah di perintahkan kepada para rasul.”
Allah berfirman:
“ hai para rasul, makanlah dari makanan yang baik-baik dan kerjakanlah amal saleh. Sesungguhnya aku maha mengetahui apa saja yang kamu lakukan.”(QS>Al Mukminun:51)
“ hai orang-orang yang beriman, makanlah di antara rezeki yang baik-baik yang kami berikan kepadamu.”(QS. Al Baqarah:172)
Rasulullah saw. Menceritakan kisah seorang yang selalu melakukan perjalanan sehingga rambutnya kusut dan berdebu, ia selalu menengadahkan kedua tangannya kelangit sambil berdoa,”wahai tuhan ku,wahai tuhanku,” akan tetapi ia selalu makan makanan haram, pakaiannya dari barang haram dan selalu makan pagi dengan barang haram. Bagaimana mungkin doanya akan di kabulkan.
Abdullah bin al-imam ahmad, dalam kitab az-zuhud karangan ayahnya sendiri, menyebutkan,”pada suatu saat kaum bani israil tertimpa bala’ kemudian mereka keluar dari kampunya menuju suatu tempat. Allah memberikan wahyu kepada nabinya agar ia memberitahukan kepada mereka,’kalian telah keluar menuju suatu bukit dengan badan yang penuh najis, kalian telah berdoa kepada ku dengan tangan-tangan yang berlumuran darah dan kalian telah memenuhi isi rumahmu dari barang-barang haram. Sekarang saatnya tiba kemurkaan ku yang dahsyat kepada kalian, kalian bukanya bertambah dekat dengan ku melainkan semakin bertambah jauh.”
Abu dzarr berkata,” doa memerlukan kebersihan lahir dan batin sebagaimana halnya makanan membutuhkan garam
   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
phoenix indonesia band © 2012 | Designed by Meingames and Bubble shooter