Blewah Pengganti Cairan Tubuh

Setelah seharian terpapar sinar matahari, hal yang paling menyenangkan adalah mengonsumsi makanan atau minuman segar. Buah-buahan, misalnya. Di antara sekian jenis buah, blewah pilihannya.
Menurut Rr Harudiyati, ahli gizi dari RSU dr Soetomo Surabaya, salah satu manfaat blewah adalah mengganti cairan tubuh. Selain itu, blewah merupakan isotonik alami. Karena itu, buah tersebut sangat cocok dikonsumsi setelah berolahraga ataupun ketika melakukan perjalanan. “Selain itu, cocok bagi orang yang berbuka puasa,”.
Blewah mempunyai beberapa kandungan. Dalam 100 gram, blewah mengandung energi 39 kalori, karbohidrat 10,2 gram, vitamin C 36,7 mg, vitamin A 3282 IU. Selain itu, blewah banyak mengandung monosakarida atau glukosa jenis fruktosa. “Air merupakan kandungan yang paling mendominasi. Karena itu, tidak heran jika buah ini cocok digunakan untuk mengganti cairan tubuh,”.
Umumnya, buah berwana jingga dengan bercak kehijauan tersebut dikonsumsi dengan es plus sirup. Belum lagi jika ditambah kolang-kaling dan cincau. Maka, kandungan isotonik alaminya akan semakin bertambah. “Agar tidak mengalami radang tenggorokan, ada baiknya menggunakan gula asli,”.
Selain di jadikan es blewah, buah yang berwama jingga tersebut nikmat jika langsung dikonsumsi. “Jika sudah dipotong, blewah hanya bertahan sehari. Kalau masih ditutup rapat, bisa bertahan hingga tiga hari,”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
phoenix indonesia band © 2012 | Designed by Meingames and Bubble shooter