Rindu Dendam Bobara Woku & Sambal Roa

Saat ini anda sedang lesu? Kurang berselera makan? Ada baiknya segeralah mampir ke resto yang ada di kawasan Jakarta Pusat ini. ‘Gigitan’ sambal roa dan dabu-dabu lilang bakal membuat keringat mengucur dan tubuh terasa suegaar!!!
Sudah berminggu-minggu saya menaruh jadwal makan siang ke resto Manado ini tetapi selalu saja ada halangan. Namun, siang itu saya benar-benar nekad mengajak teman-teman menebus rasa rindu saya akan sengata cabai masakan Manado. “Hari biasa ya karena sebenatar lagi ramadhan,” demikian ancaman saya.
Hampir 2 tahun saya tak mampir ke Restoran Ikan Tude Manado yang berlokasi di Jl. Blora, Menteng. Dulu rumah makan ini sempat pindah ke Jl. Teluk Betung dan akhirnya kembali ke lokasi lama. Lokasi dan pintu masuknya sama dengan yang dulu. Hanya saja kini sudah menjelma menjadi restoran berlantai 3 yang ber AC.  Tukang rujak yang dulu selalu ada di depan pintu masuk tetap berjualan dengan posisi yang sama.
Seperti yang saya duga, saat kami tiba hampir semua meja penuh karena jam sudah menunjukkan pukul 13.00. Sambil menanti meja disiapkan, kamipun memesan lalampa, kue balapis dan panada. Kini, panada dibuat ‘fresh form the wajan’. Adonan dibuat segar dan diisi lalu digoreng. Semuanya bisa diamati langsung karena letaknya di dekat pintu masuk,dekat lift. Ada pilihan isi ikan dan kacang merah.
Bagai memendam rindu, saya dan teman-teman memesan beragam menu, perkedel jagung, tumis kangkung jagung, sambal roa, dabu dabu, tude buluh, tude bakar dan bobara woku. Waktu menunggu yang agak lama kami manfaatkan untuk menjelajahi aneka  (maklum saja perut sudah lapar).
Hmm… panadanya memang tak ada dua. Aromanya wangi, saat disayat dengan garpu, adonan rotinya terasa sangat empuk, menebarkan aroma ragi yang menusuk berbaur dengan adonan ikan yang pedas gurih dan padat. Lalampanya pun ketannya lembut lentur dengan bentuk langsing dan isian ikannya padat.
Untuk balapisnya teksturnya lembut, wangi pandannya sangat kuat. Demikian juga dengan rujak buah Manado, yang dikucuri gula merah kental plus taburan kacang yang digiling halus.
Akhirnya pesanan pun tiba di meja dan langsung kami serbu. Target pertama saya adalah perkedel jagung yang selalu hangat. Empuk dengan biji jagung manis yang royal dan rasa gurih yang pas. Saat dicocol dengan sambal roa, barulah terasa makin dahsyat.
Tumis kangkung yang terlihat sederhana tampil cantik. Campuran daun pandan, daun bawang dan serai memberi aksen aroma yang wangi ditambah rasa renyah jagung dan kangkung. Dalam sekejap seporsi kangkung tumis inipun tandas.
Ikan tude, yang disebut sementara orang sebagai ikan kembung tetapi menurut saya lebih mirip ikan kembung como. Berukuran sedang dan dipanggang di atas bara api dengan sapuan sedikit garam. Ikan tude ini selalu jadi favorit saya. Saat disobek dagingnya terasa kenyal pertanda ikannya segar. Daging ikan yang gurih ini makin heboh saat bertemu sambal road an dabu dabu yang asam segar. Benar-benar lezat!
Bobara woku, tampil dalam kuah merah kekuningan. Rasa kemiri, cabai, bawang semuanya tampil seimbang dengan aroma kemangi yang harum. Sluurpp… kuahnya gurih-gurih pedas!
Ikan tude buluh, atau dimasak dalam bamboo, tampil dengan bumbu kuning yang ‘mlekoh’. Wah, aroma kunyit dan bawang putih langsung tercium tajam. Bumbu yang berlimpah membuat tiap celah ikan terlapisi bumbu dengan sempurna! Dinikmati dengan nasi putih hangat (disajikan dalam termos) rasanya makin enak saja.
Tak terasa keringat mulai meleleh di dahi, leher dan hidung. Sengatan sambal roa benar-benar membuat kami jadi segar. Bagai rindu yang sudah terbalas, lega sudah rasanya. Rasa pedas sambal roa yang merayap sampai ke bibir akhirnya saya padamkan dengan es jeruk kelapa muda yang manis segar.
Dengan langkah ringan, kamipun kembali ke kantor lengkap dengan tentengan aneka kue Manado yang gurih dan enak itu. O,ya harga di resto ini tak beda jauh dengan resto sejenis.
Ikan tude bakar per porsi Rp 30.000, kangkung tumis Rp 12.000, bobora woku Rp 39.000, perkedel jagung 5 buah Rp 12.500, dan sambal roa Rp 6.000 per porsi. Sebaiknya datang tidak lebih dari pukul 12.00 karena tempat yang berlantai 3 ini selalu penuh sesak di jam makan siang!
Restoran Ikan Tude Manado
Jalan Blora No. 29
Jakarta pusat
Telepon: 021-390-3109, 390-3148

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
phoenix indonesia band © 2012 | Designed by Meingames and Bubble shooter